Serba-Serbi Sepak Bola

Selasa, 05 November 2013

              Sepak bola adalah olahraga yang paling digemari di dunia. Bermain sepak bola tidak dibatasi umur, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa pun gemar bermain sepak bola. Peraturan pertandingan secara umum diperbarui setiap tahunnya oleh induk organisasi sepak bola internasional Fédération Internationale de Football Association (FIFA), yang juga menyelenggarakan Piala Dunia setiap empat tahun sekali. Saat ini tidak hanya laki-laki yang bermain sepak bola, wanita pun sekarang sudah mulai menggemari sepak bola dan kejuaraan sepak bola yang paling meriah yaitu Piala Dunia (World Cup) pun kini ada yang khusus wanita. Sedangkan di Indonesia peraturan pertandingan secara umum diperbarui setiap tahunnya oleh induk organisasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia.
               Sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola, dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang. Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan dalam lapangan yang berbentuk persegi panjang. . Secara umum, hanya penjaga gawang saja yang berhak menyentuh bola dengan tangan di dalam daerah gawangnya sedangkan 10 (sepuluh) pemain lainnya diijinkan menggunakan seluruh tubuhnya selain tangan, biasanya dengan kaki untuk menendang, dan kepala untuk menyundul bola. Dalam pertandingan profesional, terdapat 4 petugas yang memimpin jalannya pertandingan, yaitu wasit, 2 hakim garis, dan seorang petugas di pinggir tengah lapangan. Wasit bertugas memberikan hukuman dan peringatan atas pelanggaran yang terjadi di lapangan. Masing-masing penjaga garis bertanggung jawab mengawasi setengah bagian dari lapangan. Mereka membawa bendera dengan warna terang untuk menandakan adanya pelanggaran, bola keluar, ataupun offside. Biasanya mereka akan bergerak mengikuti posisi pemain belakang terakhir. Tim yang mencetak gol paling banyak pada akhir pertandingan adalah pemenangnya. Jika hingga waktu berakhir masih berakhir imbang, maka dapat dilakukan undian, perpanjangan waktu maupun adu penalti, tergantung dari format penyelenggaraan kejuaraan.
                Trofi tingkat klub yang paling prestisius di Eropa adalah Liga Champions UEFA. Kita tahu bahwa sepak bola di Eropa lebih menarik banyak peminat dibanding benua yang lainnya. Manchester United, Chelsea, Barcelona, Real Madrid dan yang lainnya menjadi klub yang paling banyak penggemarnya hampir di seluruh dunia.

0 komentar:

Posting Komentar